Cara Mengatasi Foto atau Video Tidak Tampil di Galeri

 Cara Mengatasi Foto dan Video Yang Tidak Muncul di Galeri - Pada dasarnya aplikasi tersebut dibuat untuk menampilkan jenis file media khususnya foto dan gambar, serta dibekali fitur untuk memutar konten video. Tak terkadang juga terjadi masalah kecil yang membuat bingung para penggunanya lho. Gimana enggak, saat saya mau melihat hasil jepretan foto moment-moment baru yang berhasil saya abadikan hingga yang udah jadul di galeri smartphone, eh yang muncul cuma sebagian dan yang lebih parah malah tidak muncul sama sekali alias no image. Terus saya coba cek file foto dan video di memori internal dan kartu SD dan ternyata masih ada, Tapi kenapa foto tidak muncul di galeri?



Masalah foto atau video yang tidak tampil/muncul di galeri android, entah itu di galeri xiaomi, di galeri oppo, album xperia, galeri asus, galeri samsung, dll, merupakan masalah umum yang biasa terjadi. Jadi tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi pada smartphone android kamu, walaupun kelas high end sekalipun.

Logikanya begini, saat kita mentransfer, mendownload, atau mengambil foto dari kamera secara langsung, sistem android membutuhkan waktu untuk menscan/memproses foto atau video yang baru saja tersimpan di smartphonemu, untuk ditampilkan pada aplikasi galeri. Nah untuk masalah foto atau video yang tidak tampil di galeri, bisa disebabkan oleh kegagalan sistem dalam proses menscan, aplikasi galeri yang bermasalah atau filenya yang tidak dapat terbaca oleh sistem.

Untuk kamu yang mengalami kejadian tersebut, jangan risau dulu karena menurut beberapa sumber yang telah saya baca dan praktekkan, kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa tips berikut ini untuk menyiasati masalah yang terjadi pada smartphone kamu saat ini.

Tips Mengatasi Foto dan Video Yang Tidak Muncul di Galeri


1. Nyalakan Ulang Smartphone

Coba matikan dan nyalakan kembali smartphone kamu, barangkali foto dan video yang tidak muncul digaleri disebabkan oleh kinerja smartphone yang mulai tidak stabil. Karena saat smartphone dimatikan, otomatis aplikasi yang membebani kinerja smartphone ikut dimatikan. Maka saat dihidupkan kembali, smartphone dapat menscan ulang file-file yang tersimpan di memori dengan baik.

2. Lepas Kartu SD

Beberapa kasus pernah dialami oleh pengguna smartphone yaitu SD Card error dan file yang tersimpan tidak terbaca oleh sistem. Jika foto dan video kamu yang tidak tampil di galeri itu yang tersimpan di kartu SD, coba lepaskan dan pasang kembali agar di scan ulang oleh sistem.

Cara Mencopot Kartu SD dan Memasang Kartu SD

  • Masuk ke Pengaturan -> Penyimpanan & USB
  • Cari Kartu SD -> tap Lepaskan Kartu SD
  • Jika muncul notifikasi peringatan sentuh tulisan Lepaskan/Ya
  • Tunggu beberapa saat, terus pasang kembali dengan pilih Masukkan Kartu SD

3. Hapus Data & Cache Aplikasi Galeri

Mungkin saja tumpukan cache bisa menyebabkan proses scanning foto dan video terhambat. Sehingga foto dan video tidak tampil pada galeri. Oleh karena itu, kamu diwajibkan menghapus data cache tersebut.

Android 5.0 ke bawah

  • Masuk ke Pengaturan -> Aplikasi
  • Pilih Semua Aplikasi (dg scrol kesamping) -> scrol ke bawah Scrol ke bawah cari dan pilih Galeri.
  • Dalam menu info aplikasi, sentuh tulisan Paksa Tutup/Paksa Berhenti -> Jika muncul notifikasi pilih Ya/oke
  • Scrol ke bawah -> Pilih Hapus Data -> Ya
  • Scrol ke bawah -> Pilih Hapus Cache -> Ya

Android 6.0 keatas

  • Masuk ke Pengaturan -> scrol kebawah dan tap Aplikasi
  • Scrol ke bawah cari dan pilih Galeri.
  • Dalam menu info aplikasi, sentuh tulisan Paksa Tutup/Paksa Berhenti -> Jika muncul notifikasi pilih Ya/oke
  • Dalam menu info aplikasi, sentuh tulisan Penyimpanan
  • Pilih Hapus Data -> Ya
  • Pilih Hapus Cache -> Ya
Nah sekarang coba cek buka galeri mu, sudah muncul kan.

4. Pindah Ke Memori Internal

Pada beberapa perangkat, galeri tidak dapat menampilkan foto dan video yang tersimpan di kartu SD. Jika smartphone kamu termasuk salah satunya, coba pindahkan foto yang sebelumnya tersimpan di kartu SD ke memori internal dengan menggunakan file manager.

5. Menggunakan Aplikasi QuickPic

Aplikasi galeri pihak ketiga ini mampu membaca hampir semua format file foto dan video yang tersimpan didalam kartu SD dan memori internal. Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk mengubah nama foto maupun video sesuai kehendak kamu dan bisa juga untuk menyembunyikan foto dan video agar tidak dapat dilihat oleh orang lain, tanpa seijin kita.
Kamu bisa download secara gratis di Google Play

Itulah Beberapa Cara Mengatasi Foto dan Video Yang Tidak Muncul di Galeri, Sekarang, kamu bisa membuka aplikasi Gallery di smartphone kamu. Seharusnya foto dan video yang sebelumnya tidak tampil, sekarang sudah bisa muncul seperti normal. Gampang, kan?

Jika ada yang kurang jelas atau kamu punya cara lain terkait mengatasi foto yang tidak tampil di galeri, mari kita bertukar pikiran via kolom komentar dibawah. Terima Kasih!!
Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads